Cara Membuat Undangan Website Pernikahan Terbaru 2023

Cara Membuat Undangan Website Pernikahan Terbaru 2023

CARA MEMBUAT UNDANGAN WEBSITE PERNIKAHAN

Hallo semuanya, apakah kalian sedang merencanakan pernikahan dan ingin membuat undangan yang unik dan menarik? Jika iya, maka kalian bisa mencoba membuat undangan website pernikahan. Undangan website pernikahan adalah undangan yang berbentuk website yang bisa diakses oleh tamu undangan melalui link yang dikirimkan. Dengan undangan website pernikahan, kalian bisa menampilkan informasi tentang pernikahan kalian secara lengkap dan interaktif, seperti profil pengantin, lokasi acara, galeri foto, video, buku tamu, dan lain-lain. Selain itu, undangan website pernikahan juga bisa menghemat biaya dan waktu karena tidak perlu mencetak dan mengirimkan undangan secara fisik. Lalu, bagaimana cara membuat undangan website pernikahan? Simak tutorial berikut ini.

Langkah 1: Menyiapkan Domain dan Hosting

Langkah 1: Menyiapkan Domain dan Hosting

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan domain dan hosting untuk website kalian. Domain adalah nama alamat website kalian, misalnya www.namapengantin.com. Hosting adalah tempat penyimpanan data website kalian di internet. Kalian bisa membeli domain dan hosting di penyedia layanan web hosting yang banyak tersedia di internet, seperti Niagahoster, Hostinger, IDCloudhost, dan lain-lain. Pilihlah domain yang mudah diingat dan sesuai dengan nama pengantin kalian. Untuk hosting, pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kalian. Biasanya, penyedia layanan web hosting juga menawarkan fitur-fitur tambahan seperti SSL, email, backup, dan lain-lain. Setelah membeli domain dan hosting, kalian bisa menghubungkan keduanya agar website kalian bisa diakses di internet.

Langkah 2: Memilih Platform Website

Langkah 2: Memilih Platform Website

Langkah kedua yang harus kalian lakukan adalah memilih platform website yang akan kalian gunakan untuk membuat undangan website pernikahan. Platform website adalah aplikasi atau software yang memudahkan kalian untuk membuat dan mengelola website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman. Ada banyak platform website yang bisa kalian pilih, seperti WordPress, Wix, Squarespace, Weebly, dan lain-lain. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, untuk pemula, kami merekomendasikan WordPress karena WordPress adalah platform website yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. WordPress juga memiliki banyak pilihan tema dan plugin yang bisa kalian gunakan untuk menyesuaikan tampilan dan fungsi website kalian sesuai dengan keinginan kalian.

Langkah 3: Menginstal WordPress

Langkah 3: Menginstal WordPress

Langkah ketiga yang harus kalian lakukan adalah menginstal WordPress di hosting kalian. Cara menginstal WordPress tergantung pada penyedia layanan web hosting yang kalian gunakan. Beberapa penyedia layanan web hosting sudah menyediakan fitur auto-installer yang memungkinkan kalian untuk menginstal WordPress dengan mudah dan cepat. Namun, jika tidak ada fitur auto-installer, kalian bisa menginstal WordPress secara manual dengan mengunduh file WordPress dari situs resminya (wordpress.org) dan mengunggahnya ke hosting kalian melalui FTP atau File Manager. Setelah itu, kalian harus membuat database dan mengisi informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan instalasi WordPress. Setelah WordPress terinstal, kalian bisa mengakses dashboard WordPress kalian dengan memasukkan alamat website kalian diikuti dengan /wp-admin, misalnya www.namapengantin.com/wp-admin.

Langkah 4: Memilih Tema dan Plugin

Elementor Hello Theme Review- Pros Cons Pricing Speed Test

Langkah keempat yang harus kalian lakukan adalah memilih tema dan plugin yang akan kalian gunakan untuk website kalian. Tema adalah desain atau tampilan website kalian, sedangkan plugin adalah fitur atau fungsi tambahan yang bisa kalian tambahkan ke website kalian. Kalian bisa mencari dan menginstal tema dan plugin dari dashboard WordPress kalian dengan mengklik menu Appearance > Themes dan Plugins > Add New. Ada ribuan tema dan plugin gratis yang bisa kalian pilih dari direktori WordPress. Namun, jika kalian ingin tema dan plugin yang lebih profesional dan berkualitas, kalian bisa membeli tema dan plugin premium dari situs-situs seperti Themeforest, Codecanyon, Elegant Themes, dan lain-lain. Untuk undangan website pernikahan, kami merekomendasikan tema Wedding Invitation yang merupakan tema WordPress khusus untuk undangan pernikahan. Tema ini memiliki desain yang elegan dan responsif, serta fitur-fitur seperti RSVP, countdown, galeri foto, video, buku tamu, lokasi acara, dan lain-lain. Untuk plugin, kami merekomendasikan plugin Elementor yang merupakan plugin pembuat halaman (page builder) yang memungkinkan kalian untuk membuat halaman website kalian dengan mudah dan cepat menggunakan fitur drag and drop.

Langkah 5: Membuat Konten Website

Langkah 5: Membuat Konten Website

Langkah kelima dan terakhir yang harus kalian lakukan adalah membuat konten website kalian. Konten website adalah isi atau informasi yang akan kalian tampilkan di website kalian, seperti teks, gambar, video, audio, dan lain-lain. Kalian bisa membuat konten website kalian dengan menggunakan fitur editor

Baca Juga : Rekomendasi Plugin Undangan Website Pernikahan Terbaik !

 

You might also like