Cara Membuat Landing page Yang Menarik dan Efektif 2023

Cara Membuat Landing page Yang Menarik dan Efektif 2023

TUTORIAL CARA MEMBUAT LANDING PAGE YANG MENARIK DAN EFEKTIF

Hallo semuanya, apakah Anda ingin membuat landing page yang bisa menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan konversi? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, saya akan memberikan tutorial langkah demi langkah tentang cara membuat landing page yang menarik dan efektif dengan mudah dan cepat.

Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk tujuan pemasaran, seperti mempromosikan produk, layanan, atau penawaran khusus. Landing page biasanya memiliki satu tujuan utama, yaitu mengajak pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar, membeli, atau mengunduh. Landing page yang baik harus memiliki desain yang menarik, konten yang relevan, dan panggilan untuk bertindak (call to action) yang jelas dan kuat.

Untuk membuat landing page yang menarik dan efektif, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Menentukan Tujuan dan Sasaran Landing Page

Menentukan Tujuan dan Sasaran Landing Page

Langkah pertama dalam membuat landing page adalah menentukan tujuan dan sasaran Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan landing page Anda? Siapa yang ingin Anda sasar dengan landing page Anda? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan desain, konten, dan panggilan untuk bertindak yang sesuai dengan tujuan dan sasaran Anda.

Sebagai contoh, jika tujuan Anda adalah meningkatkan penjualan produk Anda, maka Anda perlu membuat landing page yang menunjukkan manfaat produk Anda, memberikan testimoni dari pelanggan puas, dan mengajak pengunjung untuk membeli produk Anda dengan cara yang mudah dan aman. Jika sasaran Anda adalah orang-orang yang tertarik dengan topik tertentu, maka Anda perlu membuat landing page yang memberikan informasi berguna dan menarik tentang topik tersebut, dan mengajak pengunjung untuk mendaftar ke newsletter atau mengunduh ebook gratis yang berkaitan dengan topik tersebut.

2. Memilih Platform atau Alat untuk Membuat Landing Page

Memilih Platform atau Alat untuk Membuat Landing Page

Langkah kedua dalam membuat landing page adalah memilih platform atau alat yang akan Anda gunakan untuk membuat landing page Anda. Ada banyak pilihan platform atau alat yang bisa Anda gunakan, seperti WordPress, Wix, Squarespace, Unbounce, Leadpages, Instapage, dan lain-lain. Setiap platform atau alat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, kemudahan penggunaan, fitur-fitur yang tersedia, dukungan teknis, integrasi dengan alat-alat lain, dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika Anda sudah memiliki website dengan WordPress, maka Anda bisa menggunakan plugin-plugin seperti Elementor, Divi, Thrive Architect, atau Beaver Builder untuk membuat landing page dengan mudah dan cepat. Plugin-plugin ini menyediakan template-template siap pakai yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak memiliki website atau ingin membuat landing page secara terpisah dari website Anda, maka Anda bisa menggunakan platform-platform seperti Wix, Squarespace, Unbounce, Leadpages, atau Instapage yang menyediakan layanan pembuatan landing page secara online dengan biaya bulanan atau tahunan.

3. Mendesain Layout dan Struktur Landing Page

Mendesain Layout dan Struktur Landing Page

Langkah ketiga dalam membuat landing page adalah mendesain layout dan struktur landing page Anda. Layout dan struktur landing page adalah susunan elemen-elemen yang ada di landing page Anda, seperti judul, gambar, teks, formulir, tombol, video, dan sebagainya. Layout dan struktur landing page yang baik harus memudahkan pengunjung untuk mengikuti alur pesan Anda, menarik perhatian pengunjung ke elemen-elemen penting, dan mengarahkan pengunjung ke panggilan untuk bertindak Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan layout dan struktur landing page yang umum digunakan, yaitu:

Judul yang menarik dan menjanjikan manfaat atau solusi bagi pengunjung
Sub judul yang menjelaskan lebih lanjut tentang judul atau memberikan alasan untuk tertarik
Gambar atau video yang menunjukkan produk, layanan, atau penawaran Anda secara visual
Teks yang memberikan informasi detail tentang produk, layanan, atau penawaran Anda, seperti fitur-fitur, manfaat-manfaat, bukti-bukti, dan sebagainya

Formulir atau tombol yang mengajak pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar, membeli, atau mengunduhTestimoni atau ulasan dari pelanggan atau pengguna yang puas dengan produk, layanan, atau penawaran Anda
Logo atau nama dari mitra, klien, atau media yang sudah bekerja sama atau memberikan pengakuan kepada Anda
Jaminan atau garansi yang memberikan rasa aman dan percaya diri kepada pengunjung untuk melakukan tindakan.

Saat ini platform untuk membuat Landingpage yang paling digunakan adalah WordPress, Susunan materi pembuatan landingpage adalah sebagai berikut :

Materi eCourse Landingpage

  1. Pemahaman soal landing page

  2. Cara kerja landing page

  3. Tips memilih domain (nama website)

  4. Rekomendasi beli hosting

  5. Praktek cara beli domain dan hosting

  6. Instal WordPress

  7. Setting awal WordPress

  8. Instal plugin WordPress

  9. Instal tema premium WordPress

  10. Ungkap rumus landing page

  11. Merubah tampilan landing page

  12. Instal desain landing page

Apabila anda ingin mempelajari lebih dalam dengan cara yang lebih cepat, Anda bisa mengikuti panduan dibawah ini

Silahkan kunjungi >> ECOURSE 1 HARI JAGO LANDING PAGE

Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat..

You might also like